Begini Cara Sewa Bus Jakarta Tanpa Was-Was

Sejak merebaknya virus Covid-19 di Indonesia, banyak lokasi wisata yang berhenti berfungsi. Pemerintah juga menyarankan masyarakat untuk tidak bepergian atau tinggal di rumah saja. Memasuki waktu new normal, penyedia Sewa Bus Jakarta mulai beradaptasi dengan situasi ini. Di tengah wabah ini, perusahaan bus (PO) di Indonesia harus beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan. Salah satu PO tersebut adalah Naba Rent Car.

Dalam memberikan jasa persewaan bus di Jakarta, Naba Rent Car tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan penumpang. Naba Rent Car selalu merekomendasikan penggunaan protokol kesehatan pada masa Adaptasi Baru (AKB) untuk memenuhi kebutuhan transportasi penumpang. Beberapa hal yang dilakukan Naba Rent Car sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran virus adalah rutinitas penyemprotan disinfektan ke seluruh armada. Selain itu, Naba Rent Car juga memberlakukan jarak fisik, memeriksa suhu tubuh seluruh penumpang dan awak, serta menyediakan hand sanitizer.

Meski banyak perusahaan bus telah menerapkan protokol kesehatan, penumpang juga harus memperhatikan kesehatan mereka. Jika Anda berencana menyewa bus di Jakarta, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini sebagai langkah mencegah penyebaran virus Covid-19.

1. Pastikan Anda dalam keadaan sehat

Sebelum melakukan perjalanan jauh atau perjalanan antarnegara, Anda perlu menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Perjalanan jauh sering kali membuat tubuh lelah sehingga lebih mudah terserang penyakit.

Agar Anda tetap sehat, Anda dapat melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi keberadaan materi genetik dari sel, bakteri, atau virus. Jika fasilitas pengujian PCR tidak tersedia di daerah Anda, Anda dapat mengunjungi rumah sakit atau dokter pusat kesehatan Anda untuk mengetahui apakah Anda bebas dari penyakit mirip flu. Jika ternyata Anda sakit atau tidak sehat, sebaiknya Anda tinggal di rumah dan tidak bepergian.

2. Selalu menjaga kebersihan

Anda harus selalu menjaga kebersihan dimanapun Anda berada. Saat Anda duduk di kursi penumpang, bersihkan dulu tempat-tempat yang bisa disentuh penumpang lain. Seperti sandaran kursi, pengatur lampu, jendela atau tempat lain yang biasanya mudah dijangkau penumpang.

3. Sering-seringlah mencuci tangan

Untuk menjaga kebersihan tangan, Anda perlu mencuci tangan secara teratur, menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, jangan menyentuh wajah Anda, apalagi jika Anda memiliki tangan yang kotor. Selalu sediakan pembersih tangan, tisu basah, dan tisu kering agar tangan Anda tetap bersih.

4. Gunakan masker wajah

Masker kini menjadi barang wajib yang harus Anda bawa kemanapun Anda berada, bahkan jika Anda menyewa bus Jakarta. Sebaiknya sediakan lebih dari 1 masker bersih untuk berjaga-jaga. Masker diperlukan untuk melindungi hidung dan mulut Anda dari meniup partikel virus ke udara sekitarnya sehingga Anda dapat terhindar dari virus.

Selain menggunakan masker, Anda juga bisa melindungi diri dengan menggunakan masker wajah beserta masker. Perhatikan juga etika batuk dan bersin saat naik bus dan jangan arahkan ke penumpang lain.

5. Physical distancing

Saat menyewa bus, jarak fisik harus diterapkan. Jangan bertepatan dengan penumpang lain saat berada di kabin bus dan selalu pastikan untuk menjaga jarak. Penumpang lain disarankan untuk menjaga jarak minimal sekitar satu meter dari penumpang lain. Sebab, Anda tidak bisa melakukan perjalanan dengan jumlah penumpang yang banyak sehingga jarak fisik tetap bisa ditempuh.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *