Pantai Pasir Putih Malikan Jember

Pantai Pasir Putih Malikan atau yang lebih dikenal dengan Pantai Papuma terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan. Pantai ini terletak sekitar 40 km sebelah selatan pusat kota Jember jika menggunakan jasa travel jember malang. Dikenal juga dengan sebutan “Tanjung Papuma” karena di pantai ini terdapat hamparan batu karang yang menghadap ke laut.

Pantai Papuma menawarkan pemandangan alam yang indah, tidak hanya pasir putih saja, disini terdapat bebatuan hijau, hitam putih dengan berbagai bentuk di sisi barat pantai. Dari kejauhan kita bisa melihat deretan terumbu karang besar yang membentuk deretan pulau-pulau kecil. Deretan pulau kecil ini bernama Pulau Batara, Pulau Guru, Pulau Krishna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau Kodok. Pulau Katak terlihat seperti katak sedangkan pulau Narada terlihat seperti topi dewa Narada.

Dua buah batu besar yang berbentuk seperti pulau kecil yaitu Pulau Kajang dan Pulau Narada menjadi ikon utama pantai ini. Tempat ini sering digunakan wisatawan sebagai objek fotografi saat berkunjung ke Papua. Pemandangan indah juga bisa kita nikmati dengan mendaki Bukit Siti Hinggil. Di atas bukit ini kita bisa menikmati indahnya pemandangan pantai Papuma dari atas secara keseluruhan.

Tiket untuk wisata ini juga cukup murah, kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.3000 per orang. Tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 1.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp. 7.000. Lokasi parkir di dalam hotel juga cukup luas, dengan berbagai fasilitas seperti warung makan, tempat ibadah, kamar mandi dan penginapan. Kita bisa menyantap aneka seafood atau es kelapa muda disini.

Untuk mencapai tempat wisata tepi pantai ini, kami membutuhkan waktu sekitar 60-90 menit dari pusat kota Jember menggunakan travel Jember Malang. Ada tiga alternatif jalur yang bisa kita tempuh yaitu:

Jalan pertama: sekitar 3 km jalan tanpa jalan menuju tol. Rute ini terletak di selatan Gunung Watang. Gunung ini terletak di utara pantai Papuma dan Watu Ulo. Ujung timur gunung ini masuk ke kabupaten Ambulu, bagian tengah masuk ke kabupaten Wuluhan dan ke barat masuk ke kabupaten Puger.

Rute kedua: masuk melalui pantai Watu Ulo yang merupakan kabupaten Ambulu. Sebelum memasuki kawasan pantai Papuma, kita menyeberang di depan pantai Watu Ulo yang berada di sebelah timur Papua.

Rute ketiga: Rute ini merupakan rute tersulit, perjalanan ini melewati pusat Kabupaten Wuluhan. Jalur ini hanya cocok untuk kendaraan roda dua, walaupun saat hujan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki karena kondisi jalan yang berlumpur saat hujan dan banyak kerusakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *