Gejala Umum Attention Deficit Disorder

Gejala Umum Attention Deficit Disorder ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan mental yang menyulitkan anak untuk menarik perhatian, serta menunjukkan perilaku impulsif dan hiperaktif yang dapat mempengaruhi kinerja akademik anak-anak. Sejauh ini, penyebab utama ADHD belum diketahui secara pasti. 

Namun, diyakini bahwa kondisi ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Selain kejadian pada anak-anak, ADHD juga dapat terjadi pada orang dewasa. Gejala utama ADHD adalah sulit untuk fokus dan berperilaku impulsif dan hiperaktif. Pasien tidak bisa diam dan selalu ingin bergerak. Gejala ADHD umumnya terjadi pada anak-anak sebelum usia 12 tahun. Tetapi dalam banyak kasus, gejala ADHD dapat dilihat sejak anak berusia 3 tahun. ADHD, yang terjadi pada anak-anak, dapat menyebar hingga dewasa. 

Perkembangan Anak Penderita ADHD

Penyebab Gejala Umum Attention Deficit Disorder ADHD tidak diketahui dengan pasti. Namun, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko anak terkena ADHD. Faktor-faktor risiko ini termasuk faktor genetik dan lingkungan. ADHD sangat umum dan salah satu anomali paling umum pada anak-anak. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dari segala usia. ADHD dapat diobati dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Bicaralah dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

The American Psychiatric Association menyebut gejala gangguan ini sebagai kelalaian (tidak bisa tetap fokus), hiperaktif (terlalu banyak olahraga untuk diam), dan impulsif (tindakan tergesa-gesa dilakukan tanpa berpikir). Banyak gejala hiperaktif anak-anak, seperti aktivitas tinggi, kesulitan berdiam diri dalam waktu yang lama, dan rentang perhatian terbatas, umumnya terjadi pada anak kecil. Perbedaan antara anak-anak hiperaktif dan anak-anak lain adalah tingkat hiperaktivitas dan kurangnya perhatian mereka lebih tinggi daripada kebanyakan anak-anak. Perilaku ini juga dapat menyebabkan stres atau masalah di rumah, di sekolah atau di lingkungan teman.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa Gejala Umum Attention Deficit Disorder yang diderita sebagian besar anak-anak yang sehat tiba-tiba lalai, hiperaktif, atau impulsif. Biasanya anak-anak prasekolah memiliki rentang perhatian yang pendek dan tidak tahan dengan satu aktivitas dalam waktu lama. Bahkan di kalangan remaja, rentang perhatian sering tergantung pada minat masing-masing. Hal yang sama berlaku untuk hiperaktif. Bayi cenderung energik secara alami, seringkali dengan energi maksimum untuk waktu yang lama, meskipun orang tua telah memperingatkan mereka. Selain itu, beberapa anak secara alami lebih aktif daripada yang lain. Anak-anak tidak boleh disebut sebagai ADHD sakit hanya karena mereka berbeda dari teman atau saudara kandung mereka. Anak-anak yang memiliki masalah di sekolah tetapi berada di tangan yang baik di rumah atau di sekitar teman-teman mereka cenderung mengalami hal-hal lain selain ADHD. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak hiperaktif atau Atensi di rumah, tetapi tidak di lingkungan sekolah dan dengan teman-teman.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan bahwa orang-orang dengan Gejala Umum Attention Deficit Disorder ADHD terus mengabaikan dan merusak fungsi atau perkembangan mereka. Kriteria berikut dapat membantu dokter mendiagnosis kondisi berdasarkan publikasi dari American Psychiatric Association. Cari enam atau lebih gejala kecemasan pada anak-anak hingga usia 16 tahun dan lima atau lebih gejala pada remaja berusia 17 tahun atau lebih. 

Gejala Umum Attention Deficit Disorder dari kondisi ini ditunjukkan setidaknya selama enam bulan. Temukan enam atau lebih gejala hiperaktif atau impulsif untuk anak-anak hingga 16 tahun dan lima atau lebih gejala pada remaja 17 tahun ke atas. Gejala-gejala dari kondisi ini ditunjukkan setidaknya selama enam bulan. Terapi perilaku dan obat-obatan dapat mengatasi gejala ADHD. Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi kedua metode ini bekerja paling baik pada kebanyakan orang, terutama pada orang dengan ADHD sedang hingga berat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *